UAS, Ujian Asal Silang?






Haihai readers! Come back with me again ^^
Sekarang ini udah masuk bulan Desember, gak terasa ya kita udah ada di penghujung tahun, sekaligus penghujung semester. Dan buat siswa/siswi SD, SMP, dan SMA pasti udah ngelaksanain UAS dong ya? Gimana UAS nya? Lancar gak? Selancar jalanan di Jakarta mungkin ya.

Berhubung gue juga baru aja beres ngelaksanain UAS, jadi di postingan kali ini gue bakal bahas tentang fenomena UAS yang melanda kehidupan siswa/siswi. Tapi gue gak akan bahas tentang UAS di kalangan mahasiswa/mahasiswi, soalnya gue belum ngerasain UAS di dunia perkuliahan. Gue masih dedeq gemesh hehe.

Sebenernya definisi UAS tuh apa sih? UAS itu kependekan dari Ujian Akhir Semester, tapi banyak juga orang yang plesetin UAS jadi Ujian Asal Silang, biasa lah kerjaan anak meme.

Tapi anak meme bilang gitu ada alasannya loh guys, biasanya mereka berangkat dari fakta atau realita di kehidupan nyatanya. Berarti dalam realitanya sendiri UAS itu gak terlalu penting dong? 

Jadi penjelasannya gini nih guys. Sebetulnya yang namanya ujian tuh gak ada yang gak main-main. UAS itu salah satu media untuk mengukur pemahaman siswa selama satu semester belajar di sekolah. Artinya, pemahaman kita diuji dalam UAS itu. So, gak seharusnya UAS itu diartikan sebagai ujian asal silang.

Tapi you know lah ya, pada kenyataannya UAS itu memang cukup memberatkan. Bayangin aja, kita harus belajar lagi semua mata pelajaran, berat sih buat yang belajarnya sistem kebut satu malam.

Tapi kadang apa yang kita pelajari itu malah gak muncul dalam soal, atau emang ada soal yang kita rasa sulit, atau yang pinter gak mau ngasih jawaban, akhirnya dipraktekanlah ujian asal silang. Itulah asal muasal ujian asal silang.

Sebetulnya UAS itu efektif gak sih? kalo menurut gue ya bro and sissy, gue rasa UAS tuh kurang efektif sebagai sarana evaluasi pembelajaran. Kenapa? Soalnya masih terjadi kecurangan, alias nyontek. Itu sih di sekolah gue yang ujiannya masih manual, gak tau deh mereka yang ujiannya berbasis komputer, ujiannya murni pemikiran sendiri atau ada campur otak dari yang pinter. 

Kalo ujiannya nyontek, berarti evaluasinya bukan evaluasi mandiri dong ya? iya, tapi evaluasi together alias bareng-bareng. 

Berdasarkan pengalaman, gue sendiri lebih ngerasa serius ulangan harian daripada UAS. Kenapa bisa gitu? Pertama, materi yang diulang di ulangan harian lebih sedikit dibandingkan materi yang diulang di UAS. Kalo materinya sedikit kan belajarnya bisa lebih fokus atau lebih bisa memperdalam pemahaman yang diujikan. Coba kalo UAS, materinya bisa lebih dari dua bab. Kalo gue sih malah gak fokus kalo belajarnya terlalu banyak, malah jadi pusing.

alasan kedua, mungkin karena iman gue belum kuat, akhirnya gue masih terpengaruh godaan syaitannirajim, alhasil gue kadang suka tengok kanan tengok kiri, kaya yang mau nyebrang aja ya.

Intinya , gue lebih puas dengan hasil ulangan harian daripada UAS, karena itu 99,99% murni hasil pemikiran otak gue. Ya kalo ulangan harian sih gue hampir gak pernah nyontek. Kalo UAS? Ah sudahlah tak perlu kau tanyakan perihal itu. 

Sebetulnya kalo ada kemauan sih adanya ulangan harian biasa atau UAS  sebetulnya gak jadi masalah. Bukannya emang itu titik tolak ukur kita, sejauh mana hasil belajar kita selama ini. Tapi ya satu masalah yang susah dihindari, yaitu sifat males. 

Ada beberapa tips nih bro and sissy buat kalian yang males belajar. Apa aja? check this out!

1. Niat
Semua hal yang mau kita lakuin seyogyanya diawali dengan niat, apapun itu. Karena kalo kita ada niat, ada kemauan, insyaallah bakal muncul rasa semangat dari diri kita biar bisa mencapai tujuan. Jadi, kalo belajarnya didasari niat, apa yang kita pelajarin pasti nempel di otak, lebih nempel dari lem super glue. The power of niat itu bisa bantu kita loh guys.

2. Belajar serius tapi santai
Setelah niat, barulah kita mulai aksinya, yaitu belajar. Belajar itu jangan terlalu serius, nanti malah bikin stress. Bukan berarti kita belajarnya asal-asalan juga. Misal kita belajar selama 30-50 menit, dengan istirahat selama 10 menit, ternyata merupakan cara belajar yang efektif. Nah, waktu yang 10 menit itu bisa kita gunakan buat dengerin musik, jalan-jalan sebentar ke luar atau melakukan aktifitas lainnya. Tujuannya biar kita bisa rileks, otak juga butuh refreshing kan ya.

Nah itu tadi tipsnya bro and sissy. Gak usah banyak-banyak lah ya tipsnya, soalnya gue sendiri masih males belajar, sombong ya gue bilang males belajar, padahal buat nyamain IQ sama Albert Enstein masih jauh. Sejauh hubungan yang lagi LDR. tapi selain lupa, males juga manusiawi ya.

Nah guys, kini kita tiba di paragraf penutup. Apa yang tadi gue paparin itu gak ada tujuan buat judge, ngejelek-jelekin, atau hal negatif lainnya ya. Jadi gue mohon maaf kalo ada yang tersinggung sama tulisan gue ini. Kita akhiri saja sampai di sini, soalnya jari-jari tangan gue mulai kelalahan mengetik. so, See ya next time bro and sissy.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Field Trip to Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Camping Ceria di Gunung puntang

KKN Di Masa Pandemi Covid-19