Camping Ceria di Gunung puntang

haihai para readers agan dan sissy!

Sekarang kan udah musim liburan nih, by the way kalian pada liburan kemana? Ke pantai? Ke taman hiburan? Ke luar negeri? Atau ke hati doi?

Duh buat para penyandang status single kayanya liburan ke hati doi terlalu jauh ya, apalagi menetap di sana, susah ya?
Yaudah kalo gitu ke mana mana hatiku senang aja lah ya.

Ngomong-ngomong soal liburan, biasanya orang-orang cenderung liburan ke tempat yang itu-itu aja. Misalnya pantai, taman rekreasi, atau biasanya orang kota liburan di rumah keluarganya yang terletak di kampung.

Nah sebetulnya kita bisa liburan dengan cara yang jarang orang lakuin guys. Recomend dari gue, kalian harus nyoba camping!

Ya emang sih camping itu bukan sesuatu yang aneh, tapi menurut gue jarang ada orang yang ngisi waktu liburannya dengan camping. Daripada macet-macet-an di jalanan dengan suasana yang panas, udara penuh polusi, mending kita wisata alam sekalian camping di tempat yang sejuk, udara juga seger, ya gak?

Di sini gue sekalian mau berbagi cerita tentang pengalaman gue yang pernah camping di gunung puntang. Gimana ceritanya? Yuk check this out!

Kelas gue berencana buat ngadain acara liburan sekelas. Salah satu member kelas usul buat camping aja. Singkat cerita semua member kelas setuju. Bahkan sampe dibuat susunan panitia biar acaranya berjalan dengan lancar, selancar jalan tol.

Member kelas cowok ngusulin buat camping di gunung; gunung papandayan, gunung manglayang, gunung puntang. Recomend dari mereka emang pergunungan semua. Gimana enggak, hampir semua member kelas cowok itu anak gunung. Gak tau berapa banyak gunung yang udah mereka daki.

Tapi bagus lah ya, itu artinya mereka bisa berteman baik dengan alam. Sayangnya mereka kurang bisa berteman dengan baik dengan cewek, jadinya jones deh. Tapi gak heran sih, temen-temen cowok kelas gue emang terkenal dengan kejombloannya. padahal mereka punya fans loh di kelas lain. Duh fans, kaya artis aja ya. Iya, artis gunung.

Oke back to topic.

Singkat cerita planning liburan kelas jadinya ke gunung puntang. Tiap orang cuman perlu bayar Rp 100.000. Uang itu nantinya digunakan buat biaya transportasi, tiket masuk, sewa tenda, dan sewa sleeping bag. Semua yang urus member cowok, yang member cewek tinggal berangkat aja. Enak kan, gak ribet.

Tapi gak cuman bayar segitu terus urusan selesai, enggak bro and sissy. Kita masih harus bawa makanan, peralatan masak, dan lain-lain. Makanya sampe harus bawa carrier. Tapi kalo bawa carrier berat, jadinya gue bawa tas gunung aja. Beban hidup ini aja udah berat, terus mau ditambah lagi gitu? Duh enggak deh, makasih.

Desember 2016, acara camping jadi. Tapi yang ikut gak jadi sekelas, jadinya cuman 20 orang aja. Sisanya terkendala masalah izin orang tua lah, ini lah, itu lah.

Gue sama squad start dari Majalaya jam 1 siang. Lewat rute Majalaya-Ciparay-Baleendah-Banjaran. Setelah 3 jam perjalanan akhirnya kita nyampe di gunung puntang.

Oh iya, waktu itu gue sama squad naik truk, soalnya karena kita bawa barang yang baaaaanyak, jadinya gak bisa pake lamborghini atau limosin buat pergi ke sana.

Sebenernya naek truk itu ribet guys. Kalo panas ya kepanasan, kalo hujan ya kita harus berlindung di bawah terpal atau pake jas hujan. Tapi justru karena hal semacam itu kebersamaannya lebih terasa.

Sesampainya di gunung puntang, gue sama squad harus jalan kurang lebih 400 m ke tempat kemah.
Oh iya, di sana juga disediakan berbagai fasilitas seperti warung, musholla, dan toilet. Tapi jaraknya lumayan jauh sih kalo dari tempat gue. Waktu itu gue camping di pos A5.

Gue sama squad langsung mendirikan tenda dan dapur. Di sana emang gak ada hewan buas, tapi kalian harus tetep waspada karena ada beberapa anjing liar yang suka curi-curi makanan. Untung gak curi-curi pandang. Soalnya yang suka curi-curi pandang mah gebetan.

Beranjak malam, udara makin dingin, suasana pun makin gelap. Tapi ternyata keadaannya gak seangker kaya ekspektasi gue, meskipun banyak bangunan peninggalan Belanda.

Liat ke langit, bintang keliatan jelas dan kabut di gunung seberang, liat ke bawah lautan lampu berkelap-kelip dengan indahnya. Maka, nikmat Tuhan mana yang engkau dustakan?

Malam harinya, gue sama squad bikin api unggun sambil nyanyi-nyanyi ditemani coklat panas berhias canda tawa dan cerita. Mungkin inilah yang nantinya akan menjadi kisah klasik untuk masa depan.

Sebetulnya gak cuman cerita camping ini aja yang akan jadi kisah klasik untuk masa depan, terlalu banyak cerita-cerita lainnya yang udah gue lewatin sama temen-temen selama 2,5 tahun ini. Rasanya gue gak siap buat pisah sama mereka tahun depan.

Duh kok jadi melow melow gini ya. Oke kita lanjutin ceritanya.

Jam 12 malem gue sama squad masuk tenda. Beberapa kali gue sempet kebangun karena gue kedinginan. Apalagi pas gue bangun jam 5 subuh, sumpah dingiiiiin.

Sekitar jam 8 pagi, sinar matahari mulai muncul. Udara pun udah mulai hangat. Di sana banyak pohon pinus, jadi kita bisa pasang hammock buat tiduran di sana sambil berjemur di bawah panas matahari. Sedap.

pagi itu gue sama squad masak-masak buat sarapan. Bahan-bahan sama peralatannya tentu kita bawa dari rumah dong. Di sana mana ada. Bahkan sampe kompor dan tabung gas nya kita bawa sendiri.

Selesai makan, gue sama squad langsung packing barang-barang. Ya, rencananya hari itu kita udah mau pulang. Ternyata camping sehari semalem emang gak kerasa ya. Tapi anak-anak Mama dan papa ini sudah merindukan rumah.

Dan sebelum pulang gue sama squad nyempetin main-main di sungai. Airnya jernih banget bro and sissy, seger pula. Emang the best deh kalo mandi di sana.

Nah itu tadi pengalaman camping gue guys. Oke, awalnya gue pikir yang namanya liburan tuh enaknya traveling, tapi ternyata camping juga gak kalah asyiknya. Apalagi kalo yang dicari dari liburan kalian itu moment, gue rasa camping emang cocok.

Gue ngomong gitu bukan berarti karena gue baru pergi camping. Tapi gue ngomong gitu karena gue baru sadar ternyata hidup berdampingan dengan alam itu gak sesuram yang pernah gue bayangin.

"Back to nature", mungkin emang saatnya kita bersahabat dengan alam. Kalo kita udah bersahabat dengan alam, kita pasti bisa lebih menghargai alam, menjaga alam, dan mencintai alam. Kalo udah gitu, mungkin manusia gak akan lagi tega ngerusak alam yang indah ini, ya gak guys?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Field Trip to Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

KKN Di Masa Pandemi Covid-19