Aerobik

Heyoooo! Whassup gais?
Rupanya gue udah lama banget gak ngeposting di blog ini, maklumlah sok sibuk wkwk.

Jadi begini wahai readers blogkuuuu..
Kali ini gue mau nulis tentang salahsatu pengalaman yang menurut gue wah banget dan tak terlupakan lah. Ada yang tau apakah itu? Apa hayo apaaa

Salahsatu pengalaman yang tak terlupakan itu adalaaaaah... Aerobik!
Eits tapi ini bukan aerobik biasa loh, ini bukan senam aerobik yang biasa dipake ibu-ibu komplek di car free day, bukan yaa bukan bukan bukan.

Aerobik ini merupakan salahsatu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Mahasiswa IPB atau biasa disingkat OMI. Ya emang sih pasti agak aneh kan ya denger ada lomba aerobik. Tapi jangan salah, lomba aerobik ini biasanya paling ditunggu-tunggu pas di closing ceremony OMI.

OMI itu diikutin sama 9 fakultas, ditambah PPKU, Sekolah Vokasi, dan Sekolah Bisnis. Anyway, PPKU itu singkatan dari Program Pendidikan Kompetensi Umum. Jadi, mahasiswa PPKU itu merupakan mahasiswa baru yang belum masuk fakultas (karena sistem pendidikan di IPB harus menjalani masa tingkat persiapan bersama selama satu tahun sebelum masuk fakultas).

Oke, sekarang gue bakal cerita dari awal.

Februari 2018, mulai dibuka tuh pendaftaran open recruitmen buat jadi atlet di OMI yang mewakili PPKU. Akhirnya setelah dipikir secara setengah mateng gue daftar di cabang olahraga volly sama aerobik.

Beberapa hari kemudian gue diinvite masuk grup atlet aerobik dan volly. Dan ada pemberitahuan di grup aerobik kalo bakal ada audisi dulu buat pemilihan atlet tetap karena kuota per timnya cuma 20 orang, sedangkan di grup itu gue liat ada sekitar 50 orang.

Oh my god saingan gue banyak sekaleeeh, pikir gue dalem otak.

Dua hari setelah pemberitahuan itu hari audisi, kalo gak dateng audisi artinya auto gugur. Dan ya akhirnya gue dateng audisi, waktu itu audisinya sekitar jam 7 malem.

Waktu itu yang jadi jurinya adalah calon pelatih aerobik buat PPKU, namanya kak Andi. Waktu itu gue disuruh ngikutin gerakan yang dikasih Kak Andi. Untungnya gerakannya gak rumit banget sih, so gue masih bisa ngikutin. Abis itu diplay lagunya Bruno Mars yang judulnya 'Uptown Funk' dan disuruh free style sampe lagunya distop.

Gue sempet kebingungan beberapa saat. Gue mesti gerak gimaneee coba. Yaudah akhirnya gue ngikutin gerakan dance kaya di video klipnya aja pas bagian reffnya, dan beberapa gerakan senam yang gue bisa.

Abis audisi tibalah sesi bincang-bincang sebelum pulang. Jadi pengumuman lolos atau enggaknya itu bakal diumumin 2 hari kemudian. Dan ada sedikit pesan dari Kak Andi, "Harus berkomitmen kalo udah lolos, gak boleh males latihan, harus siap capek, harus mau disita waktu tidurnya, harus bisa jaga kesehatan, harus siap dikuras tenaga sama materinya, dan harus tahan sama omongan yang keluar dari mulut barokah gue, jangan baperan jangan pundungan."

Oke, setelah mendengar speech singkat Kak Andi gue jadi sedikit ragu bakal lanjut. Apalagi kalo diliat-liat tadi pas audisi, banyak yang gerakannya lebih oke dari gue. Terus Kak Andi bilang, "harus tahan sama omongan yang keluar dari mulut barokah gue" gue jadi mikir, apa mungkin mulut Kak Andi itu mengeluarkan nutrisi layaknya hujan lokal? Wkwk.
Tapi gue harus terima apapun keputusannya nanti, kalo emang gak lolos ya udah gapapa, toh masih bisa jadi officialnya dari tim aerobik PPKU.

Beberapa hari kemudian akhirnya ada pengumuman buat calon atlet aerobik PPKU. Gue jadi dagdigdugdor nungguin pengumumannya, setelah gue scroll ke bawah and then.... found it!
Gue lolos dongggg horeee yippiii yeayyy!

Sedikit gak nyangka tapi gue seneng, akhirnya gue lolos. Oke berarti mulai dari sekarang gue harus komitmen, gak boleh berenti di tengah jalan!

Singkat cerita, latihan perdana dimulai besok. But, tiba-tiba ada pelatihan remote sensing dari himpunan profesi di jurusan gue. Di sini gue bimbang gaiss gue bimbang harus dateng ke agenda mana, karena waktunya berbarengan:(

Kalo gak dateng ke latihan perdana gue merasa gak enak sama Kak Andi, masa latihan pertama aja gak dateng sih. Tapi kalo gue gak dateng ke pelatihan remote sensing juga disayangkan, soalnya ini juga bakalan berguna buat gue di perkuliahan ini.

Akhirnya gue memutuskan buat izin gak dateng latihan perdana dan dateng ke pelatihan remote sensing. Karena berdasarkan kesepakatan, dalam seminggu ada 4 kali latihan.

Besok harinya gue dateng latihan aerobik. Kalo latihan pasti dimulainya abis maghrib, soalnya kalo pagi-sore jadwal kuliah.

Latihannya dimulai dengan doa, pemanasan, abis itu kita disuruh ngikutin gerakan Kak Andi, gerakan yang dihafal ini adalah gerakan pemanasan. Sekitar jam setengah 9 pun latihan dicukupkan, karena waktu masih PPKU gue tinggal di asrama dan ada jam malamnya, yaitu jam 9.

Gerakan yang harus dihafal lumayan banyak gais, apalagi durasinya sekitar 13 menit. Lama kan lamaaa, selama nunggu doi peka ehehe.

Macam-macam gerakan yang harus dihafal antara lain pemanasan - low impact - mix impact - high impact - pendinginan, ditambah lagi beberapa gerakan di opening dan closing. Dari gerakan pemanasan sampai high impact temponya makin cepet, makin riweuh, makin susah nafas gais:(
Barulah gerakan pendinginan mulai slow lagi.

Kurang lebih selama 2 bulan kita latihan aerobik. Dan di tengah-tengah perjalanan banyak ada beberapa yang mengundurkan diri, gara-gara gak sanggup lagi katanya capek lah, gak bisa bagi waktu sama organisasi lah, ini lah, itu lah, lah-lah-lah '-'

Kalo pun latihan kita jarang full team, lagi-lagi karena alasan kesibukan masing-masing. Gue pribadi pun pernah beberapa kali gak latihan karena sakit dan ada agenda lain.

Tiap kali latihan gue sering banget dikomentarin sama pelatihnya, "gerakannya yang lincah, jangan klewer-klewer!" Oke gue usahain buat gerakin badan gue sebaik mungkin, but tiap kali latihan progressnya cuma nambah dikit. "Tambah lagi powernya, senyumnya yang lebar!" Lagi-lagi gue dikomen.

Gue sih ngerasa kek gue udah lincah banget, seluruh tenaga gue kerahkan, tapi masih aja dibilang kurang powernya. Pas diliat di video ternyata gue emang rada loyo di antara temen-temen gue yang lain. Yaiyalah orang beberapa di antara mereka itu anak dance, da aku mah apa atuh cuma anak yang suka joget gak jelas di kamar:(

Beberapa minggu sebelum hari-H latihannya jadi tiap hari, bahkan sampe jam 1 pagi. Karena kalo balik jam 1 pagi pasti gak bisa masuk asrama, jadi gue sama temen-temen milih tidur di musholla salah satu fakultas. Wah itu sih masa-masa menderita gue gais, udah mah capek, tidur di karpet, mana ACnya dingin parah. Abis sholat subuh jam 5 akhirnya gue balik ke asrama, karena jam segitu gerbang udah dibuka. Selama kurang lebih 2 minggu gue hampir tiap hari balik jam 1 pagi, dan pasti tidur di musholla lagi. Udah kek gembel kan gue ye.

Sesampainya di kamar, gue langsung tidur di kasur sambil selimutan. Lumayan, masih ada waktu setengah jam buat tidur sebelum gue harus siap-siap berangkat kuliah.

Dan apa kalian tau gais apa yang gue lakuin di kelas? Yap, gue sering banget ketiduran. Ya wajar lah yaa gais gue kurang tidur mana capek, ditambah suasana kelas adem, terang, dosen ngejelasin materi pun berasa didongengin ye kan.

Eits jangan salah, meskipun gue sering tidur di kelas, tapi ujian gue gak pernah nyontek, dan ajaibnya IP gue naik dong wkwk

Oke, back to topic!

Hari-hari mendekati hari H udah mulai pada tumbang, ada yang kakinya keseleo lah, demam lah, gue sendiri terserang flu dan batuk.

Singkat cerita, hari-H telah tiba.

Acaranya dimulai jam setengah 7 malem. Tim aerobik gue kebagian tampil pertama. Berat juga sih, yang namanya jadi opening tuh harus wow, wah, amazing, daebak jinjja gitu-gitu lah.

Setelah briefing, pake kostum, dan make up, abis sholat maghrib kita langsung caw ke gymnasium. Wah gue deg-degan parah. Bayangin aja, gatau berapa banyak yang nonton, tapi tribun seluas itu penuh sama penonton, bahkan ada yang sampe gak kebagian tempat duduk.

Setelah doa dan bersiap-siap, gue sama temen-temen masuk lapangan.

Wah hari itu gue sama temen-temen jadi artis di tengah lapang gymnasium dah keren bet pokoknya.

Setelah kita bersiap formasi di bagian pembukaan, tepuk tangan sambil sorak-sorak kedengeran rame banget. Ini salah satu pembangkit semangat gue. "Keluarin semua tenaga kalian, cuma sekali lagi ini kok, kalo perlu sampe pingsan aja sekalian, tapi pingsannya abis tampil aja ya jangan di tengah-tengah." Begitu pesan pelatih.

Yang awalnya gemeteran dan dagdigdug, gue mulai tersenyum lebar dan siap buat aerobikkan yuhuuu..

Ada sedikit part di awal buat dance lagu The Boys-nya SNSD. Wah ini sih udah banyak yang tau kan, biasa lah para kpopers mulai menjerit menyoraki kita yang lagi dance the boys.

Mulai memasuki gerakan low impact, gue mulai gak deg-degan lagi. Ini salah satu bagian gerakan yang gue suka, jadi gue tersenyum lebar sambil gerakkin badan.

Masuk gerakan mix impact, ini part yang gak gue suka sebenernya. Gerakannya banyak, temponya cepet. Gue mulai kesusahan napas gais, kan gue lagi flu ceritanya.

Masuk gerakan high impact, wah udah ini gerakan paling heboh, paling enerjik. Gue keluarin semua tenaga gue biar badan gue gak keliatan loyo.

Masuk gerakan pendinginan, lega banget sumpah. Setelah tadi abis gerakan high impact rasanya gak kuat lagi, di part ini gerakannya slow banget. Gue bisa bernafas dan mulai tersenyum kembali.

Terakhir, bagian penutupan. Ada sedikit gerakan dance lagi dan diakhiri dengan aksi split, kayang, dan formasi terakhir.

Tepuk tangan dan sorakan pun rameeee banget. Tim gue pun lari ke belakang lapang.

Huft! Legaaaaaaa banget!

But rasanya candu gais, sumpah deh wkwk buat gue ini salah satu pengalaman yang tak terlupakan dan kebanggan tersendiri bagi gue, bisa mewakili mahasiswa PPKU di OMI cabor aerobik. Apalagi ditonton ratusan, bahkan mungkin hingga seribu penonton. Wah gue bangga bet asli pernah tampil di OMI wkwk.

Akhirnya tiba lah pengumuman kalo gue juara 9 dari 12 tim yang tampil.

Walaupun juara ke-9 tapi ini masih mending, daripada juara ke-12 kan kan kan. Tapi yang paling penting sih gue dapet banyak pengalaman dan yaa gak bisa diungkapkan dengan kata-kata lah wkwk alay bet gue.

Okee gais setelah panjang lebar gue cerita, barangkali ada yang mau ikutan lomba aerobik juga. Pesan dari gue sih jangan lupa tambah power dan tetap semangat! Hehehe.

See you di postingan selanjutnyaaaaaaa, bye bye!







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Field Trip to Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Camping Ceria di Gunung puntang

KKN Di Masa Pandemi Covid-19