Camping Ceria 2 : Jayagiri

Alooo guys. Kali ini gue kembali nulis tentang pengalaman liburan gue kali ini. Pada postingan sebelumnya gue pernah nulis tentang 'Camping Ceria di Gunung Puntang', nah kali ini gue mau nulis bagian keduanya, yaitu camping ceria di Jayagiri.

Dari judulnya pun kalian pasti udah bisa nebak, apa yang gue lakuin di liburan kali ini. Yup, camping lagi, tapi di tempat yang berbeda tentunya. Kali ini gue sama temen-temen camping di Cikole Jayagiri Resort, Lembang. Oke, sekarang gue bakal ceritain kronologis liburannya gimana.

Camping kali ini gue masih bareng temen-temen SMA. Baru nyadar sih gue, ternyata gue beruntung punya temen kaya temen-temen SMA gue. Soalnya sekarang ini kan kita udah sibuk di kampus masing-masing, tapi Alhamdulillah masih bisa nyempetin ketemuan, bahkan liburan bareng. Proud to be part of them.

Agenda rutin yang gak bisa dilewatkan kalo kelas gue mau liburan yaitu rapat. Beberapa minggu sebelum hari-H kita wajib kumpul buat ngomongin acara liburan. Yang dibahas dalam rapat itu adalah tempat liburan yang mau dituju, tanggal keberangkatan, perlengkapan apa yang dibutuhkan, ngumpulin budget, dan lain-lain. Dan actually di setiap rapat itu seringnya kita gak pernah mendapatkan keputusan yang bener-bener fix. Tau lah ya gimana para remaja kalo lagi pada ngumpul, kalo gak ngerumpi ya jajan. Alhasil rapat hanyalah sebuah wacana.

Camping kali ini juga hampir gak jadi, soalnya banyak temen-temen yang gak bisa ikut gara-gara ada acara di kampus mereka. Tapi setelah berunding dan berunding lagi, akhirnya kita putuskan camping di Jayagiri.

Kalo pada camping sebelumnya kita berangkat naik truk, kali ini kita berangkat naik motor, sekalian touring katanya. Perjalanan Majalaya-Lembang kalo naik motor sekitar 3 jam. Tapi karena ada beberapa kendala di jalan akhirnya memakan waktu yang lebih lama. Sebenernya gue cuma bawa tas gendong yang biasa aja, sengaja biar gak terlalu berat bawanya. But sialnya, temen yang ngeboncengin gue bawa carrier yang gede. Dan mau gak mau gue harus bawain itu carrier. Ya walaupun cuma duduk manis keanginan di motor, tapi tetep aja berat. Entah gue gatau ukuran berapa itu carrier, mungkin 55 liter,tapi sukses bikin pundak gue sakit. Dan tiap kali ada tanjakan gue mesti nahan condong ke depan biar gak jatoh ke belakang. Kalo kata Dilan rindu itu berat, Dilan salah. Dia belom aja nyobain bawa carrier yang gede.

Sekitar jam 3 sore kita sampe di tempat. Waktu itu kita camping di pos E. Pos E itu tempatnya paling jauh di antara pos yang lainnya, tapi tempatnya paling luas. Fasilitas yang disediakan di tempat itu ada toilet dan warung. Tapi waktu itu warungnya lagi tutup, pedagangnya entah lagi mudik kemana. Kita juga gak harus nyari bakar, kita bisa beli kayu bakar Rp 25.000/ikat. Lumayan kan buat bikin api unggun, menghangatkan hawa yang dingin, sedingin doi.

Sesampainya di tempat, kita langsung mendirikan tenda. Setelah diliat-liat, ternyata viewnya lebih mending di Gunung Puntang, kalo di Jayagiri lebih kaya di tengah hutan. Tapi di Cikole Jayagiri Resort ini gak cuman tersedia tempat camping, ada juga tempat buat outbond, dan lainnya.

Malam harinya, kita bikin api unggun dan mengadakan games. Games yang dipilih adalah games 'Werewolf' yang dipimpin oleh seorang moderator. Games ini nyebelin karena terkadang kita digantung padahal bukan wolf, but menyenangkan juga karena kita bisa belajar menebak cuma liat dari mimik muka.

Kita main games Werewolf sampe tengah malem, karena udara udah dingin banget, anginnya bolak-balik terus, ditambah hujan mulai turun, akhirnya kita semua masuk ke tenda, pake sleeping bag, lalu terlelap dalam mimpi masing-masing.

Esok harinya, pas bangun tidur mau sholat subuh, udaranya bener-bener dingin gak karuan, sampe bikin gigi gemertak. Apalagi pas nyentuh airnya, udah kaya air es aja. Untung sekitar jam 8 matahari mulai muncul, lumayanlah ya sedikit menghangatkan.

Nah pagi hari itu kita masak buat sarapan. Bahan-bahan sama peralatannya tentu bawa dari rumah. Makan seadanya dengan menu nasi, kangkung, tahu, sarden, sosis, baso, dan mie, cukup ngisi perut daripada perutnya diisi angin kan.

Sebelum membereskan tenda, kita sempetin foto bareng, bikin video parodi "Coki-Coki Coklat Asli" sambil joget-joget. Entahlah kita udah kaya orang gila waktu itu, but seriously hal kaya gini yang bikin liburan ini terkesan.
Setelah puas berpose depan kamera, kita beresin tenda, operasi semut, dan siap-siap pulang. Entah belum puas apa gimana, sebelum pulang kita masih nyempetin buat main Werewolf lagi. Sampe akhirnya jam 12 siang hujan turun lagi, akhirnya kita putuskan buat pulang.

Lagi dan lagi, gue harus bawa carrier temen gue. Tapi yang ini rada mendinglah, gak seberat pas berangkat kemaren. Tapi duduk beberapa jam juga lumayan bikin kaki sama pantat pegel. Udah mah kemaren pas diperiksa katanya ada pengapuran di bagian tulang ekor gue, tambah sekarang duduk lama banget, oke gue mulai khawatir sama tulang ekor gue.

Setelah beberapa jam akhirnya nyampe di Majalaya, daerah tempat tinggal gue sama temen-temen. Ketika turun dari motor, rasanya lega banget, akhirnya bisa gerakin kaki gue dan alhamdulillah sampe dengan selamat walau dalam perjalanan pulang rombongan motor sempet pisah.

Nah guys itu tadi dia ceritanya. Sorry ya kalo ceritanya biasa aja. Gue cuman mau berbagi pengalaman liburan di Jayagiri, barangkali di antara kalian yang baca tulisan gue ada yang mau liburan ke sana, jadi bisa tau testimoni dari gue.

See you di postingan berikutnya.