It's Time To Be Succees

Hae readers! Akhirnya setelah dua bulan gak nulis, kini gue bisa ngeblog lagi, ya walaupun yang bacanya cuman dikit sih. Tapi gak apa-apa, sebab seseorang pernah berkata, "tidak apa-apa jika tulisanmu tidak sebagus mereka yang sudah mahir menulis, atau tulisanmu tidak ada yang mengapresiasi, yang penting adalah kamu sudah memberanikan diri untuk menyampaikan apa yang ada dipikiranmu lewat sebuah tulisan." Nah, itu dia quotesnya gaes. Jadi, di postingan kali ini gue bakal bahas tentang ilmu yang gue dapet dari seorang motivator gitu gaes. Bulan Januari lalu, gue ikutan seminarnya Mr. Syafii Efendi. Kalian tau gak siapa beliau? Kalo yang tau berarti kalian hebat, kalau gak tau ya wajar sih, emang beliau ini bukan artis Hollywood kok, cuman dipanggilnya aja mister. Mr. Syafii Efendi ini motivator termuda yang udah sukses. Umurnya baru 25 tahun, beliau sekarang lagi studi S2, tapi should you know, dia punya bisnis yang sukses. Waktu itu beliau nunjukkin schedule nya, padat merayap pisan coy. Waktu buat sekedar santai sambil minum kopi aja kayaknya gak ada. Di acara seminar itu, gue dapet banyak ilmu dari Mr. Syafii Efendi ini. Salah satunya adalah cara untuk menjadi orang yang sukses. Oke, gue bakal bahas apa yang gue pelajari dari beliau. Mudah-mudahan masih inget. Gaes, kalian hidup ini punya tujuan gak? pasti punya dong ya. "Kita hidup buat apa?" Itu yang mesti kita pikirin gaes. Allah ciptain kita salah satunya adalah untuk beribadah kepada-Nya. Tapi, selain itu kita juga pasti punya tujuan lain. Kalo gue pribadi ya, tujuan gue salah satunya adalah jadi orang yang sukses, biar bisa bahagiain mereka yang berjasa dalam hidup gue, dan gue pengen jadi orang yang berguna. Setelah kita punya tujuan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah usaha buat mencapai tujuan kita. Salah satu usaha itu adalah berubah. Inget ya jangan berubah jadi power rangers, tapi merubah pemikiran dan sikap ke arah yang positif tentunya. Misal, hari ini kita masih jadi orang yang pemalas, suka berleha-leha, boros, atau semacamnya. Nah, besok kita mesti berusaha buat berubah jadi rajin; rajin belajar, rajin menabung, rajin ibadah, dan lain-lain. Oke gue tau, yang namanya mau berubah emang gak se-instan dan gak segampang itu. Tapi kalo kita mau usaha dan berjuang, bukan gak mungkin kita bisa jadi orang yang lebih baik lagi. Doi aja kita perjuangin kan, masa sih buat masa depan sendiri gak mau berjuang, imbisil itu namanya. Inget gaes, Allah itu suka sama orang yang suka berjuang. Setelah itu, barulah usaha yang lainnya. Misal, kita mau jadi pengusaha. Berarti, kita harus belajar bisnis, "usaha apa yang cocok?", "gimana cara mengembangkan usaha itu?", itulah yang mesti dipelajari. Inget ya gaes, disamping usaha, kita juga harus berdoa sama yang Maha Kuasa. percuma aja kita usaha tapi gak dibarengi dengan doa. Minta sama Allah supaya usaha kita ini mendapat ridho-Nya agar tujuan kita tercapai. Setelah usaha dan doa, jangan lupa tawakal ya. Kita serahin semuanya sama yang di atas, karena hidup kita ini diaturnya sama Allah. Cielah gue, bahasanya agamis gini. Oiya gaes, kalian nyadar gak, ternyata kebiasaan kecil kaya nonton tv sama dengerin musik juga punya andil dalam membentuk kepribadian kita. Tontonan itu tuntunan, jadi kita mesti pilih-pilih dulu acara TV mana yang baik ditonton dan yang kurang berfaedah untuk ditonton. Kata Mr. Syafii Efendi, kebiasaan nonton sinetron atau drama-drama gitu mending ditinggalin aja. Mending nonton acara yang bisa menambah ilmu dan wawasan. padahal gue suka nonton drama Korea, tapi sekarang-sekarang ini gue udah mulai stop. Buat gue pribadi, emang sih gaes kalo lagi nonton drama kaya gitu tuh gue berasa hidup di dalam dramanya, kadang lupa realita. Buang-buang waktu iya, bapernya juga iya. Itu sebenernya gak baik gaes, tapi kalo udah jadi hobi mah atuh kumaha ya. Musik dan lagu yang kita dengerin juga ternyata berpengaruh buat kepribadian kita gaes. Setiap orang juga tau lah ya, musik ini bagian dari hidup kita. Coba bayangin kalo gak ada musik, pasti sunyi, sepi nan hambar hidup kita. Setiap harinya pasti ada dong ya lagu yang kita dengerin. Lagu kesukaan kalian yang kayak gimana? Lagu galau? Atau lagu yang enerjik? Should you know gaes, lagu yang kita dengerin itu juga penuntun kita. Misal di pagi hari dengerin lagu galau yang bikin sedih dan menyayat hati, bisa dibayangin dong gimana mood kalian setelahnya? Ya pasti gak beda jauh lah, siang harinya bisa jadi kita terus ngegalau. Gimana kalo di pagi harinya dengerin lagu yang enerjik? Insyaallah mood kalian bakalan bagus, bakalan terus semangat. Jadi paham dong ya maksud gue gimana? Mr. Syafii Efendi juga nyuruh audience buat menghapus semua lagu galau di hp, dan menggantinya sama lagu-lagu yang semangat. Tujuannya ya itu tadi, biar kita gak jadi orang yang suka ngegalau, tapi jadi orang yang selalu bersemangat. Selain itu, kebiasaan pacaran anak jaman sekarang juga gak baik. pacaran itu cuman mengganggu konsentrasi masa depan kita aja. Nabung dosa iya, nabung pahalanya engga. Ta'aruf aja lah mendingan. Buat yang jomblo, kalian gak usah khawatir dibilang gak laku atau apalah itu. Justru itu kesempatan kita biar lebih fokus menata masa depan, biar jadi orang yang sukses. Kalo kita udah mapan, udah sukses, udah jadi orang yang lebih baik lagi, bukan kita yang cari doi, tapi doi yang cari kita. Gak cuman hubungan pacaran yang bisa ganggu, hubungan pertemanan juga turut andil. Temen yang bisa bikin kita jadi orang yang gak baik adalah contoh temen yang harus ditinggalin, dan cari temen yang lebih baik. Maksudnya, kita boleh temenan sama siapa aja, tapi kalo masalah pergaulan kita harus pilih-pilih ya gaes. Jangan sampe kita terjerumus ke arah yang negatif akibat pergaulan itu. Oleh karena itu, kita diharuskan berteman sama orang-orang yang bisa memotivasi dan menuntun kita ke arah yang positif. Di akhir acara seminar itu ada renungan gitu gaes. Semua audience diajak berenung tentang orang tua. Kalo sangkut pautnya orang tua mah pasti sensitif ya, dan itu sukses bikin semua audience nangis tersedu-sedu. Mr. Syafii Efendi itu ngingetin aja, ternyata selama ini ada dua malaikat yang selalu ada buat kita, tapi sering terlupakan. Ayah dan Ibu, merekalah malaikat itu. Kalian tau sendiri lah ya gimana sikap anak jaman sekarang sama orang tuanya. Termasuk gue sih, gue belum jadi anak yang bener-bener baik buat orang tua gue. Anak jaman sekarang tuh ya, doi sakit pasti dikasih perhatian lebih. Coba kalo Ayah atau Ibu yang sakit, emang gitu juga? Kebanyakan mah enggak ya. padahal kalo kita lagi sakit yang ngurus mah orang tua, bukan doi. Setelah Allah, kita harusnya memuliakan orang tua kita. Tapi kenapa kita masih berperilaku kurang baik sama orang tua? Jawabannya ada pada diri masing-masing dari kita. Coba deh kita renungin, kenapa kita susah pisan jadi anak yang baik. Sebenernya kalo kita penurut, mau dinasehatin, rajin ibadah, orang tua kita pasti udah seneng. Berarti pr kita selanjutnya adalah memperbaiki akhlak kita sama orang tua. Kalo mau ngapa-ngapain minta doa dulu sama orang tua. Karena ridhonya orang tua kita ridhonya Allah juga. Setelah renungan itu, muncul beberapa motivasi dari dalam diri gue. Berhubung Mamah gue udah almarhumah, jadi setiap kali mau ujian gue selalu nyempetin buat ziarah ke makam Mamah. Subuh sebelum berangkat sekolah gue bergegas ke makam mau doain Mamah sekalian minta restu Mamah juga. Itu sih cara gue mengharap ridho orang tua. Nah itu tadi gaes ilmu yang gue dapet dari acara seminarnya Mr. Syafii Efendi. Kalian juga pasti penasaran kan kenapa Mr. Syafii Efendi bisa sukses kayak sekarang ini? Dulunya, beliau juga pernah merasakan pahitnya hidup. Tapi ya beliau ini suka berusaha biar bisa jadi kayak sekarang. Beliau ini juga sering ikut acara seminar-seminar gitu. Bahkan katanya beliau pernah menggadaikan hp nya demi ikut acara seminar yang harga tiket masuknya jutaan rupiah. Keren kan. Itu sih setau gue mah. Jadi sekarang ngerti kan gaes, yang namanya sukses itu butuh perjuangan dulu. Semuanya gak ada yang instan. "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian." Nah percaya aja gaes sama peribahasa itu. Mungkin cuma itu gaes yang bisa gue sampein di postingan kali ini. Mudah-mudahan postingan gue kali ini ada faedahnya ya, sehingga kalian gak sia-sia baca postingan gue ini. See ya next time ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Field Trip to Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Camping Ceria di Gunung puntang

KKN Di Masa Pandemi Covid-19